More

    6 Politisi Paling Berprestasi, Walau Tidak Menginspirasi

    Politikus atau politisi adalah seseorang yang terlibat dalam kegiatan politik dan kadang menjadi bagian dari ahli politik. Bahkan, politisi juga termasuk figur yang ikut serta dalam pemerintahan.

    Berkaitan dengan hal itu, ternyata ada beberapa politisi yang sangat berprestasi dalam karirnya dalam dunia politik, siapa sajakah mereka? Berikut 6 daftarnya!

    1. Ajay M. Priatna

    Ajay M. Priatna. (Foto/Istimewa)

    Ajay M. Priatna merupakan politisi PDIP yang sekaligus Wali Kota Cimahi. Ia menjadi salah satu politisi yang berprestasi karena ditangkap oleh KPK terkait dengan proyek pengadaan pembangunan rumah sakit di Kota Cimahi. Ajay ditangkap pada 27 November 2020 lalu.

    2. Juliari Batubara

    Juliari Batubara. (Foto/Istimewa)

    Siapa yang tidak kenal dengan prestasi yang dibangun oleh Juliari Batubara. Mantan Menteri Sosial (Menso) ini merupakan salah satu politisi dari Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP) yang memupuk prestasi di kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 setelah menerima uang suap senilai Rp32 miliar.

    Bener-bener prestasi yang menggilang bagi pak Juliari. Pada akhirnya, mendapatkan penghargaan oleh KPK setelah ditangkap pada tanggal 6 Desember 2020 silam sebagai tersangka. Meski hukuman dengan prestasi yang dibuat dianggap tak sebanding, ia divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

    3. Andreau Misanta Pribadi

    Andreau Misanta Pribadi. (Foto/Istimewa)

    Selanjutnya, Andreau Misanta. Ia merupakan seorang Staf Ahli Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) yang menyerahkan diri ke KPK karena prestasi yang diraihnya, apakah prestasi itu?

    Baca Juga : 5 Rekomendasi Toko Buku di Kota Medan

    Ternyata, Misanta diduga terlibat kasus korupsi ekspor benih lobster. Andreau Misanta merupakan politisi PDIP yang mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif DPR RI pada pemilu tahun 2019.

    4. Sri Hartini

    Sri Hartini. (Foto/Istimewa)

    Politisi lain yang cukup berprestasi adalah Sri Hartini. Ia adalah politisi wanita yang berasal dari PDIP dan Bupati Klaten. Prestasi paling terkenal beliau, yakni kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Klaten, Jawa tengah.

    Setelah berhasil mewujudkan impiannya dalam bisnis jual beli jabatan, ia tertangkap setelah menggelapkan uang sebesar Rp2 miliar dan kemudian mendapatkan hadiah penghargaan 11 tahun penjara. Wah, keren!

    5. Muhammad Samanhudi Anwar

    Muhammad Samanhudi Anwar. (Foto/Istimewa)

    Kali ini, datang dari Wali Kota Blitar yang juga seorang politisi PDIP bernama Muhammad Samanhudi Anwar. Beliau berhasil mengukir prestasi gemilang dengan terjerat kasus korupsi proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama di Blitar.

    Samanhudi Anwar tercatat menerima suap sebesar Rp1,5 miliar dari kontraktor Susilo Prabowo pada tanggal 8 Juni 2018. Berkat prestasinya itu, ia mendapatkan penghargaan 5 tahun penjara dari pengadilan.

    6. Harun Masiku

    Harun Masiku. (Foto/Istimewa)

    Terakhir, Harun Masiku menjadi politisi PDIP yang mencatat prestasi yang paling fenomenal. Selain menjadi buronan KPK yang terjerat kasus korupsi, ia diduga memberikan uang Rp850 juta kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

    Harun menjadi sosok grand design yang merancang prestasi agar Nazaruddin Kiemas mendapatkan suara terbanyak pada pencalonan diri DPR RI Dapil Sumatera Selatan I. Sayangnya, Tuhan berkehendak lain, Nazaruddin meninggal tiga pekan sebelum pencoblosan.

    Sampai saat ini, Harun Masiku menjadi politisi paling berprestasi yang pernah ada dan belum tertangkap oleh pihak berwenang. Padahal, pihak berwenang ingin memberikan penghargaan dari prestasi yang dicatatkan Harun Masiku.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles