FeaturedPendidikan

4 Tips Anti Gagal UTBK 2020

Dampak pandemi Covid19 menjurus ke berbagai lini kehidupan, termasuk keberlangsungan dunia pendidikan. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 pun mengalami kemunduran dan pembaruan sistem pelaksanaan. Nah, biar tes kamu lancar jaya, berikut Inisiator rangkum 4 tips anti gagal UTBK 2020 buat sobat Inisiator yang lagi berjuang masuk perguruan tinggi negeri jalur SBMPTN. Cekidot!

#1. Yakin Lolos

Hal pertama kali yang harus kamu siapkan adalah tekad kuat dan keyakinan penuh bahwa kamu akan lolos SBMPTN tahun ini. No matter what, no matther how kamu harus haqqulyaqin dulu kalau kamu layak lolos dan pasti bakal lolos tes. Keyakinan kuat adalah modal awal orang-orang sukses di seluruh dunia lho. Percaya atau tidak, keyakinan akan memberikan kamu kekuatan besar untuk terus berjuang. So, kamu wajib percaya ya ke diri kamu sendiri kalau kamu pasti bisa lewati UTBK dan lolos ke PTN yang kamu inginkan. 

#2. Strategi adalah Koentji

Udah ngeyakinin diri, waktunya siapkan strategi perang!

Setelah kamu siapkan mental pemenang, kamu harus mulai merencanakan langkah-langkah apa untuk menaklukkan UTBK tahun ini. Kamu bisa mulai dengan kepoin secara tuntas jurusan yang akan kamu pilih untuk kamu perjuangkan. Standar lulus di jurusan tersebut, kuota penerimaan, bahkan sampai sistem belajar dan materi-materi yang akan dipelajari.  Kemudian kamu harus cari tahu bagaimana pemodelan UTBK tahun sebelumnya. Selanjutnya, buat jadwal belajar rutin lengkap dengan target yang akan dicapai. Hitung berapa hari lagi waktu tersisa persiapan yang kamu punya, setelah itu kamu harus membagi dengan materi-materi UTBK yang akan kamu kuasai. Mulai dengan topik soal yang sukar kamu selesaikan kemudian berikan estimasi waktu berapa lama kamu harus kuasai topik tersebut. Misal, untuk menguasai trigonometri kamu bisa mengestimasi waktumu selama 2 jam di satu hari.

 #3. Banyak Latihan Soal 

Banyak latihan, sedikit main sosmed~

Kamu perlu banyak berlatih menjawab soal agar familiar dengan berbagai jenis soal yang nantinya akan muncul. Ikuti tryout sesering mungkin. Simulasi ujian pada tryout biasanya dibuat seperti ujian sesungguhnya sehingga bisa melatih kamu dalam memenej waktu pengerjaan soal. Spesial buat kamu, Inisiator sudah buatin tryout berskala nasional berbasis CBT dan kamu bisa dapatkan sertifikat eksklusif dengan QR Code Nasional, lho! Selain itu kamu juga bisa bandingkan nilai dan peringkat kamu di seluruh Indonesia. langsung aja klik tryout.inisiator.com

#4. Jaga Kesehatan

Poin yang satu ini nih yang paling sering dihiraukan banyak peserta. Terlalu porsir belajar sampai mengabaikan kesehatan malah akan bikin kamu tidak maksimal di hari perjuangan sesungguhnya. Perhatikan asupan kamu, jangan tidur sampai larut dan jika sudah merasa tertekan segera melakukan relaksasi sejenak. Terakhir, jangan lupa minta dukungan dan doa dari orang-orang terdekat, terutama orangtuamu.

Nah, meski sedang dalam wabah seperti ini, semoga sobat Inisiator yang akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi jalur SBMPTN tetap semangat yaa

Baca Juga : Belajar UTBK? Pakai Aplikasi ini!

0
Tim Redaksi Inisiator
Official author | Inisiator Kebaikan Indonesia | Motto: "Menulis untuk berbagi, menulis untuk bertumbuh, menulis untuk berdampak."

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

More in Featured