Produktivitas

5 Kunci untuk Meraih Sukses Sejati dalam Kehidupan Anda

Sumber : Unsplash
Kunci #1 : The Power of Positive Mindset

Positive mindset adalah sikap yang mencoba melihat arah masa depan dengan spirit optimisme : dengan sebuah keyakinan bahwa keberhasilan pada akhirnya bisa direngkuh.

Positive mindset juga merupakan sebuah sikap yang selalu berikhtiar melihat sisi positif dari beragam tantangan hidup, apapun jenis tantangan itu. Always Be Grateful.

Positive mindset yaitu sejenis watak yang senantiasa berfokus pada bright spots – dan bukan selalu mengeluh atas beragam keadaan.

Pada akhirnya, positive mindset adalah soal belief, soal mentalitas, soal keyakinan bahwa saya memiliki kekuatan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Belief that sucess is my right.

Kunci #2 : Fighting Spirit, Persistence, Endurance

Kejarlah impian Anda dengan persisten : dengan kegigihan, dengan keuletan dan dengan ketekunan. Kita tahu, banyak orang membentur kisah kegagalan bukan karena mereka bodoh atau tak punya bakat. Bukan itu. Mereka gagal karena menyerah di tengah jalan. Quit. Berhenti dan tak mau meneruskan.

Orang bijak belajar dari kesalahan dan kegagalan yang mereka lakukan, dan kemudian berproses untuk kembali menemukan jalur pencapaian tujuan hidup mereka.

Ditengah tantangan yang terus mengerang dan jalan kehidupan yang terjal penuh tikungan, mereka terus menderapkan kaki : sebab mereka percaya pada akhirnya, cahaya kesuksesan itu pelan-pelan bisa dinyalakan.

Mereka terus berjuang dengan persisten. Dengan penuh passion. “And we’ll keep on fighting till the end……”.

Kunci #3 : Learning Spirit

Setiap orang adalah guru kita
Setiap tempat adalah sekolah kita

Learning Spirit adalah sebuah spirit untuk terus belajar mengembangkan kompetensi diri. Sebab selalu ada celah untuk terus memekarkan potensi dan kapasitas diri. Sebab selalu ada jalan untuk merekahkan pengetahuan, mengasah ilmu dan merajut keterampilan.

Aliran ilmu terus mengalun, dan kemajuan pengetahuan terus bergerak. Lalu kalau kita tidak memiliki kegairahan untuk terus memetik sejumput ilmu, bukankah kita hanya akan menjadi manusia-manusia rongsokan?

Maka teruslah rajin membaca bukubuku berkualitas (dan bukan hanya scroll-scroll medsos atau sibuk chat di grup WA yang nggak jelas…..). Teruslah belajar mengembangkan diri (dan bukan buang waktu main games atau baca berita-berita online tanpa ujung……).

Kunci #4 : Do GOOD Things in Your Life

Tebarkan Benih Kemuliaan. Hamparkan bibit kebajikan. Bentangkan selalu benih-benih kebajikan dalam hidup : jujur dalam bekerja, mencari rezeki yang halal dan barokah, menjadi teladan perilaku yang baik bagi anak-anak, menebar salam dan senyum pada sesama, dst, dst….

Hamparkan pula benih-benih kemuliaan dalam hidup : tekun bersedekah pada anak yatim, membantu sanak saudara dengan hati lapang, dan selalu ringan tangan dalam berbagi sesama.

The more you give.
The more you get

Kunci #5 : Rajutlah kedekatan spiritual dengan Sang Pencipta

Pada akhirnya, sukses yang paling hakiki hanya, dan hanya bisa
direngkuh melalui kedekatan kita pada Sang Ilahi, Sang Maha Pemberi Rezeki.

3+
Awi Nanda Wijaksana
Ketua BEM Fasilkom-TI USU 2018 | Seorang Pembelajar

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments