More

    5 Kebiasaan Buruk Orang Indonesia yang Kurang Bermanfaat

    Kebiasaan (habits) adalah kegiatan secara sadar ataupun tidak yang sering kita lakukan di kehidupan kita. Ada kebiasaan buruk orang Indonesia yang tanpa kita sadari sering dilakukan oleh banyak orang.

    Meski demikian, masih banyak kebiasaan unik seperti mengoleksi buku, mengoleksi lilin dan masih banyak yang lain, namun apakah ada kebiasaan yang aneh yang dimiliki orang Indonesia? Nah, ini 5 kebiasaan buruk orang Indonesia yang kurang bermanfaat.

    5. Gosip dan Menyindir Orang

    Kebiasaan yang satu ini sering dimiliki oleh kaum hawa, dan hampir semua wanita memilikinya, lihat jika minimal 2 ibu-ibu bertemu, pasti mengalahkan 10 orang laki-laki yang lagi ngobrol.

    Suasana yang tenang dan damai bisa berubah menjadi ricuh ramai seperti di pasar. Media sosial juga sering menjadi tempat untuk melakukan gosip.

    Banyak sekali wanita Indonesia yang sibuk dan rajin menyindir orang lain. Meme meme yang dibuat orang Indonesia pun juga banyak sekali yang bertujuan untuk menyindir.

    4. Ngopi di Malam Hari

    Orang Indonesia memang sangat kental dengan kopi. Keseharian mereka pada pagi hari kopi adalah sesuatu yang wajib untuk dinikmati.

    Kebiasaan ini sebenarnya tidak masalah karena kopi merupakan bahan penyegar yang bisa memberikan efek menghilangkan kantuk pada orang yang meminumnya.

    Namun pada sebagian orang, ada kebiasaan ngopi di malam hari sambil kongkow di cafe. Nah, karena kopi memiliki efek menyegarkan dan menghilangkan kantuk, ngopi di malam hari bisa membuat orang terjaga.

    Tentu kebiasaan ini tidak baik bila dilakukan dalam jangka panjang. Karena akan menggerus waktu tidur kita. Bila tubuh kurang tidur tentunya akan berpengaruh pada produktivitas kita.

    3. Ngaret (Tak Tepat Waktu)

    Ngaret atau molor atau terlambat, adalah kebiasaan yang hampir 90% orang Indonesia miliki, menunda-nunda pekerjaan sampai waktu habis, terlambat datang ke kantor, terlambat ke sekolah, dan alasan klasik pun muncul “Maaf, Ketiduran”. Di Indonesia hanya sedikit yang benar-benar disiplin waktu.

    2. Nawar Sampai Maksa

    Mungkin kebiasaan/ kebiasaan ini juga hanya ada di Indonesia, jika di luar negeri pasti harga pas, tidak pakai tawar menawar, beda lagi kalau di Indonesia, orang-orang terutama ibu-ibu jika membeli sesuatu pasti menawarnya gila-gilaan sampai harga terendah yang bisa dia dapatkan.

    Cara klasik yang digunakan pun bermacam-macam, seperti membandingkan dengan penjual lain, mengancam untuk pergi jika tidak diberi harga yang murah, dll.

    1. Merokok Sembarangan Tempat

    Indonesia menempati peringkat pertama di dunia untuk jumlah pria perokok aktif paling banyak, Miris sih, tapi itu merupakan kebiasaan orang Indonesia dari zaman dahulu.

    Dan orang Indonesia suka merokok di sembarang tempat, dijalan, sambil naik motor, di tempat perbelanjaan, dipasar, bahkan ada yang kebiasaan merokok pada saat buang air besar di toilet.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles