More

    5 Bisnis Pertanian Skala Rumahan yang Menjanjikan

    Ikan sepat belinya di Labura, semogat sobat terus sehat dengan semangat yang membara.

    Nah, gimana nih kabar para Insiators, sudah pada melewati Idul Fitri dengan keluarga?Semoga bisa terus berbahagia bersama ya. Penulis hari ini mau membagikan sebuah tips bisnis baru. Rekomendasi banget buat yang masih bingung mencari ide, penulis menawarkan bisnis di bidang pertanian. Apa aja nih bisnis yang bisa dilakuin?

    Bisnis pertanian bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai usaha kamu. Pasalnya, jenis bisnis di bidang pertanian sangat berpotensi menerima keuntungan besar karena produk yang dihasilkan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

    Tidak hanya itu saja sobat, bisnis di bidang pertanian juga ndak muluk-muluk membutuhkan lahan yang luas dengan modal yang besar – akan tetapi dapat dilakukan dilakukan di rumah saja.

    Tak perlu lahan luas. Cukup dengan lahan berukuran beberapa meter, kamu sudah bisa jadi pengusaha pertanian modern yang berpeluang mengisi kantong sakumu yang masih kosong. Hihihi… Lalu apa aja nih ide-ide bisnis pertanian rumahan tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

    1. Menjual Tanaman Organik

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Ide bisnis pertanian rumahan yang pertama adalah menjadi petani tanaman organik. Saat ini, permintaan konsumen akan produk pertanian organik sangat meningkat pesat di pasaran.

    Hal ini diiringi dengan peranan masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya menjaga pila hidup sehat dengan makanan yang sehat pula. Oleh karenanya, menjadi petani tanaman organik bisa menjadi salah satu ide bisnis petani rumahan yang cukup menjanjikan bagi kamu yang terbatas modal.

    Baca juga : Subsidi Kebijakan Program Pemerintah Minyak Goreng Curah

    2. Menjual Tanaman Obat

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Selain menjadi petani tanaman organik, kamu juga bisa mencoba menjual tanaman obat. Bisnis ini cukup populer, terlebih lagi di masa transisi pandemi seperti ini. Sebab, obat-obatan herbal menjadi salah satu pilihan populer di kalangan masyarakat.

    Maka dari itu, penulis memberikan rekomendasi bagi kamu untuk menjadi petani tanaman obat. Semoga ini bisa jadi jalan ninjamu untuk lebih baik lagi di masa depan. Pasalnya, obat-obatan herbal kini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

    Tentu hal ini jadi peluang yang bagus untuk bisnis, kan? Kalau kamu ingin menjadi petani tanaman obat atau herbal, kamu bisa memilih jenis tanaman apotek seperti daun sirih, kumis kucing, atau temulawak yang bisa kamu tanam dengan lahan yang terbatas.

    3. Menjual Bibit Tanaman

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di kala pandemi ini membuat banyak orang mulai mencari hobi baru, salah satunya adalah budidaya tanaman. Nah, melihat situasi tersebut ini bisa menjadi peluang yang cukup besar dan menjanjikan lho, kamu bisa menjual berbagai jenis bibit seperti sayur-sayuran, buah-buahan atau tanaman hias.

    Baca juga : Tidak Perlu Membaca Buku Tetap Bisa Cerdas dan Berwawasan Luas

    4. Blogger Pertanian

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Ide bisnis pertanian lainnya yang bisa coba adalah menjadi seorang blogger di bidang pertanian. Iyaa blogger, bukan tukang gosip ya. Nah, kamu bisa membuat sebuah blog pribadi yang berisikan tentang konten-konten seputar pertanian.

    Peluang bisnis yang satu ini juga cukup menjanjikan. Pasalnya belum banyak yang mengetahui profesi yang satu ini dan selain itu modalnya pun sangat kecil – ditambah lagi saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk memulai seputar pertanian.

    Baca Juga : 5 Rekomendasi Toko Buku di Kota Medan

    Kamu hanya cukup membeli domain untuk blogmu dan menuliskan konten-konten yang informatif seputar pertanian. Tentunya kamu harus mengisi blog kamu dengan konten-konten informatif tersebut, nantinya akan banyak orang yang berkunjung ke blogmu yang kemudian akan membawamu ke pundi-pundi rupiah.

    5. Menjual Pupuk

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Terakhi, penulis merekomendasikan bisnis pupuk tanaman juga menjadi salah satu pilihan bisnis pertanian. Bisnis yang satu ini dikategorikan cukup penting. Sebab, petani pastinya sangat memerlukan pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanamannya. Untuk memulai bisnis ini kamu bisa memulainya dengan mempelajari proses pembuatan pupuk seperti pupuk POC, kompos, atau pupuk kandang dan lainnya.

    Gimana nih? Sudah tertarik untuk menjadi salah satu pebisnis dari saran yang penulis rekomendasikan di atas? Atau perlu mendapatkan pencerahan lainnya? Silahkan tuliskan rekomendasi lainnya untuk kamu di kolom komentar ya!

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles