More

    4 Tahap Basic Skincare untuk Pemula

    Kamu newbee dalam dunia per-skinkeran? Nah, kamu perlu tahu tentang tahap-tahap basic skincare buat pemula sebelum melangkah ke tahap yang lebih jauh.

    tahap basic skincare pemula
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Kulit yang bersih, sehat, dan mulus tentu jadi idaman banyak orang. Untuk itu, penting banget untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini dengan rutin menggunakan skincare. Untuk kamu para pemula yang ingin menggunakan skincare, yuk simak ulasan berikut ini!

    Basic Skincare? Apa tuh?

    Basic skincare adalah rangkaian perawatan kulit wajah yang paling dasar untuk kebutuhan kulit dengan tipe  apapun.

    Metode penggunaan skinker ada banyak sekali, mungkin kamu pernah dengar CTMP, CSM,  8 step skincare, 10 step, bahkan 12 step, dan masih banyak lagi. Namun, untuk kamu para pemula yang baru memulai rutinitas angat dianjurkan untuk mengetahui dasar-dasar perskinkeran.

    Kamu harus mulai dengan basic skincare dulu sebelum melanjutkan dengan penambahan produk yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan kulitmu.

    Memangnya Basic Skincare Penting?

    Jawabannya penting banget! Terutama buat kamu para remaja kiyowo. Dengan mengetahui basic skincare kamu bisa membangun pondasi yang kuat untuk kulitmu supaya terlindung dari permasalahan-permasalahan kulit.

    Selain itu, memulai rutinitas dengan basic skincare akan lebih ringkas dan sederhana  karena kamu tidak perlu banyak produk. Cukup gunakan produk sesuai kebutuhan kulitmu dan tambahkan jika ada kebutuhan yang baru.

    Mengenal CTMP, Apa lagi tuh?

    Nah, seperti yang sudah disinggung diatas tentang metode dalam menggunakan skinker, kali ini metode yang akan diaplikasikan adalah CTMP. CTMP merupakan singkatan dari Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protecting.

    1. Cleansing

    tahap basic skincare pemula
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Dalam tahap ini kamu dianjurkan untuk melakukan double cleansing. Bisa menggunakan cleansing balm atau micellar water dan diakhiri dengan facial wash. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di wajahmu setelah beraktivitas dengan maksimal.

    2. Toning

    tahap basic skincare pemula
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Selanjutnya adalah toner. Toner berguna untuk membersihkan pori-pori dan sel kulit mati yang masih menempel setelah kamu mencuci wajah. Selain itu, toner juga berguna untuk menyeimbangkan pH kulitmu dan membantu wajah menyerap skinker selanjutnya dengan optimal.

    3. Moisturizing

    (Foto/Ilustrasi/Google)

     

    Setelah pengaplikasian toner selanjutnya yang tidak kalah penting adalah moisturizer atau pelembab. Perlu diingat bahwa menggunakan pelembab tidak hanya dianjurkan untuk tipe kulit kering tapi juga berminyak. Pelembab dapat membantu menghidrasi skin barrier kamu supaya dapat secara maksimal menangkal radikal bebas.

    Dalam menggunakan pelembab, kamu harus memilih produknya berdasarkan dengan tipe kulitmu masing-masing. Jika kulitmu termasuk tipe kulit berminyak, kombinasi, dan berjerawat maka kamu disarankan memilih pelembab dengan tekstur gel yang mudah meresap ke dalam kulit.

    Untuk kamu yang memiliki tipe kulit kering dan sensitif, kamu bisa memilih pelembab yang bertekstur cream dengan kandungan Hyaluronic Acid dan Ceramide.

    4. Protecting

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tahap terakhir yang wajib kamu lakukan adalah melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari dengan sunscreen. Penggunaan sunscreen hukumnya wajib ya, sobat. Hal ini karena kamu akan terpapar sinar UV A dan UV B saat kamu beraktivitas di luar maupun dalam ruangan.

    Jika kamu terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dalam waktu yang lama, kulitmu akan lebih cepat mengalami penuaan dini seperti kusam, keriput, dan lainnya. Karena itu, jangan lupa menggunakan sunscreen sebagai proteksi dengan SPF minimal 30 dan PA++ supaya wajahmu terlindung dengan maksimal. Ulangi pemakaian sunscreen setiap 2 hingga 3 jam sekali.

    Itu dia 4 tahap basic skincare yang bisa kamu coba sebagai pemula. Setelah mengaplikasikan hal dasar ini kamu dapat menambahkan produk skinker sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang sedang dihadapi kulitmu.

    Tahapan penggunaan skinker ini berlaku untuk kamu baik perempuan maupun laki-laki ya. Karena semua orang berhak merawat diri mereka agar menjadi versi terbaik dirinya sendiri.

    Artikel Lainnya :

    Freelancer Handal, 5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui

    5 Rekomendasi Manhwa dengan MC Overpower (OP)

    Rekomendasi Webtoon Lokal untuk Mengisi Liburanmu

    Latest articles

    Related articles