More

    4 Manfaat Paling Istimewa Menjadi Rendah Hati

    Ada beberapa manfaat yang memiliki sifat rendah hati yang tidak hanya membantu diri sendiri, tapi juga cara berinteraksi dengan orang lain. Keistimewaan rendah hati juga memiliki dampak besar bagi seseorang.

    Sebelum ke sana, rendah hati artinya suatu kesadaran menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri, sehingga dengannya seseorang tidak mengangkuh, dan tidak pula menyombong. Apa saja manfaat paling istimewa itu?

    1. Memperkuat Koneksi dengan Orang Lain

    Rendah hati. (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Keistimewaan rendah hati juga dapat membantu seseorang untuk memperluas lebih banyak kasih sayang dan empati kepada orang lain. 

    Dari catatan Harvey JH. Pauwel BG dari buku “Kesederhanaan dan Kerendahan Hati” disebutkan bahwa mereka yang melaksanakan sikap itu, cenderung mempertimbangkan keyakinan dan mendengarkan pendapat orang lain.

    Hal ini membuktikan bahwa kerendahan hati menawarkan kesempatan untuk mengurangi keegoisan diri dan dapat menyesuaikan diri dengan perasaan orang lain.

    Baca juga : 6 Politisi Paling Berprestasi, Walau Tidak Menginspirasi

    2. Memperluas Perspektif Tentang Diri

    Rendah hati. (Foto/ilustrasi/unsplash)

    Selain membantu memberikan prinsip sikap sederhana, keistimewaan rendah hati juga membantu dalam pengembangan pertumbuhan diri dan kesadaran diri, karena memungkinkan seseorang untuk secara rasional mengakui cara yang dapat meningkatkan diri.

    Tangney JP. dalam buku “Kerendahan Hati” menjelaskan karena kerendahan hati dapat menghasilkan lebih banyak kebahagiaan, emosi positif, dan kesejahteraan seseorang memiliki pemahaman diri yang lebih jelas.

    Berdasarkan studi yang dilakukan Exline JJ, yang dituliskan dalam buku “Persepsi Kerendahan Hati: Sebuah Studi Pendahuluan”, kerendahan hati mahasiswa dapat dilakukan dengan emosi positif dan penyesuaian psikologis yang baik.

    3. Memperluas Perspektif Tentang Dunia

    Keistimewaan rendah hati memperluas pandangan terhadap dunia. (Foto/ilustrasi/Unsplash)

    Keistimewaan rendah hati lainnya juga dapat membantu mengembangkan pandangan yang lebih mendalam dan berkembang tentang dunia dan apa yang terjadi di dalamnya.

    Kerendahan hati mendukung seseorang untuk secara sadar menyadari bahwa ada tujuan bagi dunia untuk memberikan bagi siapa saja. Perspektif tersebut membantu seseorang yang memiliki kerendahan hati untuk mencintai apa yang dia kerjakan.

    Baca juga: 5 Bisnis Pertanian Skala Rumahan yang Menjanjikan

    4. Memperkuat Hubungan Spiritualitas hingga Agama

    Rendah hati. (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Kerendahan hati adalah cara untuk meningkatkan hubungan spiritualitas pada agama. Ada korelasi antara kerendahan hati, kesejahteraan positif, agama, dan spiritualitas.

    “Para peneliti menemukan bahwa bagi mereka yang memiliki kerendahan hati dalam jumlah sedang, sebagai lawan dari tingkat yang lebih rendah, kerendahan hati bertindak sebagai moderator untuk membantu memfasilitasi fungsi psikologis potifi bagi mereka yang menganggap diri mereka religius spiritual,” kata Dr Paine dalam bukunya ‘Kepentingan Agama dan Spiritual’.

    Dilansir Verywell, Kamis (12/5/2022), menurut peneliti, hasil ini menunjukkan bahwa seseorang harus memiliki beberapa bentuk kerendahan hati agar kerendahan hati dapat bertindak sebagai moderator terhadap faktor-faktor ini.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles