More

    4 Jenis Chronotype yang Bisa Membantu Mengenali Jam Produktifmu

    Sobat Lomba pernah dengar kata chronotype nggak? Chronotype adalah kecenderungan tubuh untuk tidur pada waktu tertentu secara alami. Selain itu chronotype ini juga mempengaruhi nafsu makan, suhu tubuh, hingga kapan waktu terbaik untuk olahraga.

    Ada empat jenis kategori chronotype menurut Dr. Michael Breus yaitu lumba-lumba, singa, beruang, dan serigala. Setiap tipe mewakili jadwal aktivitas yang ideal setiap orang berdasarkan ‘jam produktifnya’. Yuk kita bahas bareng-bareng.

    Beruang (Bear Chronotype)

    chronotype
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Ada kurang lebih 55 persen manusia yang berada dalam kategori ini sehingga beruang merupakan tipe yang paling umum ditemui.

    Waktu produktif untuk kategori ini adalah sebelum siang sekitar jam 7 hingga jam 10 pagi, akan mulai menurun pada jam 2 siang hingga 4 sore, dan mulai kehabisan energi pada sore hari. Kategori beruang ini juga cenderung tidur lebih cepat sekitar jam 10 atau jam 11 malam.

    Pendeknya, jam bangun dan tidur tipe beruang selaras dengan terbit dan terbenamnya matahari. Jadi, mereka memang punya kecenderungan untuk bangun pagi dan tidak bisa tidur larut malam.

    Singa (Lion Chronotype)

    chronotype
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tipe singa punya kecenderungan untuk bangun lebih pagi dan tidur cepat. Singa memiliki waktu paling produktif di pagi hari karena mereka biasa memulai aktivitas sejak ayam berkokok.

    Ketika matahari terbenam, tipe singa biasanya sudah kehabisan energi sehingga mereka memang membutuhkan waktu istirahat lebih awal.

    Lumba-lumba (Dolphin Chronotype)

    chronotype
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Orang-orang dengan tipe lumba-lumba biasa lebih aktif dan produktif pada jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Tipe ini cenderung susah untuk menentukan jadwal aktivitas yang konsisten dikarenakan tidak menentunya jadwal tidur mereka.

    Pola tidur tipe ini ditandai dengan frekuensi ‘tidur ayam’ dan bangun yang tinggi. Hal ini terjadi karena tingkat sensitivitas mereka terhadap bunyi atau cahaya. Tidak jarang tipe lumba-lumba mengalami insomnia karena kualitas tidur mereka yang kurang bagus.

    Serigala (Wolf Chronotype)

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tipe serigala biasa aktif di malam hari. Orang-orang dengan tipe ini biasa bangun siang dan akan tetap bersemangat hingga larut malam. Waktu produktif mereka tentu saja siang hari hingga jam 4 sore.

    Berdasarkan laman Healthline tipe serigala mendapat ‘suntikan’ energi saat jam 6 sore sehingga mereka dapat beraktivitas hingga larut malam bahkan dini hari.

    Lebih Jauh tentang Chronotype

    Nah, setelah mengetahui jenis-jenis chronotype yang udah Milo jabarin. Kira-kira apa semua orang punya kecenderungan ke satu jenis chronotype saja? Ternyata nggak selalu demikian lho Sobat Lomba.

    Faktanya, orang-orang dengan tipe beruang sangat mungkin untuk memiliki kecenderungan dalam tipe lainnya. Hal ini karena chronobiology yang memang dinamis dan kompleks.

    Pada dasarnya, chronotype tidak bisa berubah secara instan. Tetapi dapat berubah atau bergeser seiring dengan pertambahan usia.

    Anak-anak umumnya memiliki kecenderungan tipe beruang dan singa yang mulai aktif sejak pagi hari. Namun, begitu memasuki usia remaja bisa jadi jam produktifnya bergeser menjadi siang dan memiliki kemungkinan bergeser lagi saat memasuki usia dewasa.

    Milo udah jabarin nih tentang chronotype yang sekiranya perlu kamu tahu. Jadi, kamu termasuk chronotype yang mana?

    Artikel Lainnya :

    Bukan Ayang, Ini 5 Sumber Cinta yang Ada di Sekeliling Kamu

    Skripsi Tuntas! Ini 4 Channel YouTube Buat Bantu Skripsimu

    Mengenal IKIGAI : Intip Rahasia Hidup Bahagia Ala Orang Jepang

    Latest articles

    Related articles