More

    4 Cara Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

    Saat sedang berpuasa pada bulan ramadhan, terkadang merasa kurang begitu maksimal dalam melakukan pekerjaan sehingga sangat jauh dari kata produktif. Apalagi saat ini sudah dua kali ramadhan dalam kondisi pandemi. Sehingga, ada tantangan tersendiri bagi umat muslim seluruh dunia ketika melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

    Berpuasa membuat diri kita merasa lemas seharian dan membuat tubuh secara tidak langsung merasakan penurunan terhadap kekuatan tubuh. Kurangnya konsumsi makanan pada saat puasa membuat energi seakan berkurang. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang yang berpuasa lebih memilih tidur agar dapat menahan lapar dan dahaga sehingga kuat saat berpuasa. Namun, dengan tidur lebih lama justru akan membuat tubuh menjadi semakin lemas.

    Ketika berpuasa sebaiknya kita tetap melakukan aktivitas ringan agar tubuh tidak terasa lemas. Kuncinya adalah dengan bekerja lebih cermat dan memanfaatkan sisa energi yang ada, bukan dengan memaksakan diri untuk bekerja sekeras hari-hari biasanya. Untuk itulah kita harus berusaha dan melakukan cara produktif saat bulan ramadhan.

    Membuat Rencana Kegiatan Harian

    produktif di bulan ramadhan

    Tetukan pekerjaan yang sekiranya memiliki tingkat kesulitan tertinggi yang paling diprioritaskan di pagi hari sebelum semakin sore akan membuat diri semakin lemas. Kamu bisa memanfaatkan waktumu seharian dengan rencana yang sudah kamu buat agar  kamu benar-benar paham apa saja yang akan dikerjakan dan terhindar dari malas-malasan

    Manfaatkan Waktu Istirahat

    Istirahatkan sejenak misal 1 menit untuk benar-benar istirahat sisanya kamu bisa melakukan peregangan pada tubuh agar tidak kaku karena akan bekerja seharian. Ini adalah salah satu cara yang dianjurkan agar tetap produktif saat bulan ramadhan.

    Baca Juga : 5 Rekomendasi Toko Buku di Kota Medan

    Hindari Begadang Saat Berpuasa

    Bila saat sedang bekerja tidak ada pembatasan jam kerja atau belajar, alangkah baiknya kita harus mampu megatur waktu bekerja dan belajar. Sebisa mungkin kita senantiasa untuk terhindar dari yang namanya lembur atau begadang. Usahakan selalu tuntaskan segala jenis pekerjaan rumah dan tugas-tugas agar tidak begadang. Tips yang penting jangan menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang kamu harus kerjakan agar lebih produktif.

    Dengan menghindari begadang apalagi di tengah kondisi seperti saat ini, waktu lebih berharga untuk melakukan kegiatan keagamaan yang lebih bermanfaat agar mendapat banyak pahala dibulan suci. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk merubah kebiasaan kita selama bulan ramadhan menjadi kebiasaan yang lebih produktif.

    Olahraga Ringan

    Olahraga

    Agar tetap sehat dan produktif di bulan puasa, tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya. Temukan waktu yang sesuai untuk olahraga bisa menjelang berbuka puasa ataupun setelah buka puasa. Berolahraga di bulan puasa dapat menjadi tantangan tersendiri karena kita akan memiliki tingkat energi yang jauh berkurang seperti hari-ari biasanya.

    Hindari olahraga yang memiliki intensitas tinggi, kurangi bobotnya dan ber-olah-raga-lah dalam sesi singkat. Tujuan utama tetap ber-olah-raga agar tetap menjaga fisik ideal dan tetap sehat untuk terus tetap produktif saat bulan puasa. Pasalnya, jika imunitas tubuh menurun dan badan sering sakit-sakitan akan menyebabkan kita malas-malasan sepanjang hari.

    Demikian empat cara produktif yang bisa kamu lakukan untuk menjalani keseharian waktu bulan ramadhan. Jangan jadikan puasa sebagai alasana untuk bermalas-malasan ya…

    Baca Juga : 7 Makanan yang Pas Menemani Belajar, Bisa Meningkatkan Konsentrasi!

    Latest articles

    Related articles