Tips & Trik

4 Cara Jitu Membangun “Good Habit”

Sumber : Unsplash

Pada dasarnya, kesuksesan itu amat ditentukan oleh serangkaian perilaku (behavior) yang kita praktekkan dalam keseharian. Dan perilaku atau behavior yang muncul itu akan sangat ditentukan oleh habitmu.

Ada sebuah fenomena menarik tentang Habit Formation. Fenomena ini disebut sebagai “Keystone Habit”. Maksudnya kamu cukup memulai membangun One Key Habit, lalu pelan-pelan habit bagus ini akan menular ke pembentukan habit lain dalam hidup kamu. Wah, hebat bukan?

Oleh sebab itu, habit yang baik sangat perlu dibiasakan. Agar bisa menjadi perilaku (behavior) dan setelah itu menjadi karakter kita.

Nah, kamu mau tau cara membangun good habit tersebut? Berikut 4 Cara jitu membangun “Good Habit”.

#1 Start Small (Mulai dari hal-hal kecil)

Kalau kamu mau menanamkan sebuah kebiasaan baru yang menantang, ada baiknya diawali dengan small winSmall win itu penting, begitu kata para peneliti perilaku. “Kemenangan kecil” itu akan memotivasi kamu untuk terus bergerak ke level yang lebih tinggi.

Sebaliknya, memulai sebuah kebiasaan baru dengan target yang langsung menjulang, biasanya akan lebih mudah gagal.

Kenapa action pertama harus so simpel dan mudah dilakukan? Sebab pada dasarnya kita semua ini pemalas dan punya resistance to change. Untuk melawan inersia (kecenderungan malas bergerak) yang bersemayam dalam ragamu itu, maka action pertama harusnya yang so simple.

Contoh action yang so simple :
Alih-alih mau baca buku 3 atau 4 buku perminggu, cukup mulai besok baca 1 halaman buku saja, tiap malam sehabis sholat Maghrib. Just one page.

#2 Lakukan Kebiasaan Baru pada Jam yang Sama

Tentukan waktu yang sama untuk membangun habit yang baik. Lakukan habit yang ingin kamu bangun pada jam yang sama tiap harinya. Kerjakan terus selama 40 hari beruntun. Sebab ketika hal tersebut terus kamu lakukan. Otakmu akan merekam perilaku tersebut dan akan menyimpannya dalam memori.

Habit yang dilakukan pada jam yang sama akan lebih mudah nempel dalam perilaku keseharianmu.

Misal : membaca buku setiap malam jam 19.00. Atau melakukan olahraga setiap habis Sholat Subuh.

#3 Cantolkan Kebiasaan Baru Pada Kebiasaan Lama

Kamu sudah punya ritual sholat Maghrib. Maka kamu bisa cantolkan habit baru. Misal : akan membaca Al-Qur’an dua halaman setiap habis sholat Maghrib.

Atau contoh lain: kamu sudah punya habit makan malam di jam yang sama. Kamu bisa cantolkan habit baru, misal : setiap habis makan malam, akan mematikan TV dan lalu membaca buku 2 halaman.

Lakukan itu terus-menerus. Maka perilaku tersebut akan menempel dan menjadi kebiasaan baik untukmu.

Baca juga : Kuliah Dulu Atau Bekerja Dulu? Mana yang Lebih Baik?

#4 Pilih Teman dengan Good Habits

Pilihlah teman yang mempunya habit yang ingin kamu bangun. Misal kamu ingin rajin olahraga, maka bertemanlah dengan orang-orang yang suka olahraga.

Contoh lain: Kamu ingin punya habit makan sehat, maka bergaulah dengan orang yang pola hidupnya sehat, bukan dengan para perokok atau yang makannya nggak beraturan.

Atau misal kamu ingin rajin ke Mesjid, maka bertemanlah dengan orang yang rajin sholat lima waktu di Mesjid.

Teman, akan mempengaruhi perilakumu.

Change Your Habits
Change Your Life

Refrensi : Buku The Power of Habit 

2+
Awi Nanda Wijaksana
Ketua BEM Fasilkom-TI USU 2018 | Seorang Pembelajar

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

More in Tips & Trik