Produktivitas

3 Balas Dendam di Masa Pandemi

Ilustrasi oleh Ditanty Chicha Novri

Sekarang ini semuanya dilakukan serba dari rumah. Terutama proses belajar mengajar bagi siswa dan mahasiswa. 15 Juni 2020, Mendikbud Nadiem Makarim bersama menteri terkait telah mengeluarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi yang akan dilakukan secara daring hingga semester depan. Tentu saja ini menyebabkan waktu luang kita makin bertambah. Lalu, pertanyaannya, waktu luang tersebut kamu gunakan untuk apa? Balas dendam! Yups, kebanyakan dari kita pasti melakukan 3 balas dendam ini di masa pandemi.

Balas dendam dengan bermain game

Biasanya anak-anak muda ketika memiliki waktu lebih banyak di rumah akan melakukan hal yang disukainya, misalnya hobinya. Dan tak lagi bisa dibohongi, sebagian besar dari kita hobi bermain game bahkan mungkin sampai keranjingan. Tak ayal, hal tersebut akan membuat kita lupa waktu. Lupa makan, lupa mandi, dan sering begadang alias tidak tidur di malam hari.

Padahal sebagai manusia kita tentu butuh istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Istirahat ini tidak cukup hanya dengan duduk lalu memejamkan mata sejenak. Tetapi harus dengan tidur. Yups, menurut KBBI, tidur adalah keadaan seseorang mengistirahatkan badan dan juga kesadarannya.

Balas dendam dengan menonton stok drakor

Sudah lama industri hiburan dari negeri Ginseng itu digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satunya ya drama Korea (drakor). Pada masa #dirumahaja ini, eksistensi drakor semakin naik. Bahkan sekarang ada pula yang ditanyangkan di televisi. Penonton setia drakor pun semakin lupa diri. Iya, sama seperti bermain game tadi, membuat lupa makan, lupa mandi, dan sering begadang alias tidak tidur di malam hari demi menghabiskan episode demi episode hingga rasa penasaran terpuaskan.

Balas dendam dengan tidur yang lama

Sebelum adanya pandemi, dalam proses pembelajaran ada banyak sekali tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu dosen. Belum lagi kegiatan keorganisasian atau kegiatan sosial, ditambah lagi kegiatan main dengan kawan-kawan. Tentulah hal-hal tersebut membuat waktu tidur kita berkurang.

Dan ketika memiliki waktu luang yang banyak seperti ini, tidak sedikit juga yang memilih rebahan serta tidur dalam waktu yang lama untuk mengganti waktu yang terlewat itu. Padahal menurut kesehatan, tidur dengan waktu yang lama juga tidak baik,bisa menyebabkan beberapa penyakit (dilansir dari sehatq.com).

So guys, pandai-pandailah menggunakan waktu yang ada. Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi karena telah menyia-nyiakannya. Tidak ada yang salah dengan bermain game, menonton drakor, bahkan tidur, asal dilakukan dengan secukupnya. Bukankah Allah telah mengatakan, bahwa tidaklah baik sesuatu yang berlebihan?

Keep growing, and healthy guys!

0

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments