FeaturedTeknologi

3 Aplikasi Desain yang Harus Dikuasai Desainer Grafis Pemula

Foto oleh : Edho Pratama

Sebagai manusia, kita akan lebih mengutamakan indra penglihatan dalam menilai sesuatu. Contohnya ketika membaca sebuah tulisan, Ini’s People tentunya akan lebih memilih membaca tulisan dengan visual menarik daripada yang biasa saja. Hal ini dapat dibuktikan dari menurunnya angka pembaca surat kabar, yang mana kita ketahui bentuk penyajiannya monoton sejak dulu. ­

Tentu ini bisa menjadi peluang bagi Ini’s People untuk mendapatkan pekerjaan. Ya, sebagai desainer grafis. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan para desainer grafis, dan pastinya dengan upah alias gaji yang cukup besar. Dalam proses pembuatannya, dibutuhkan seni desain yang mumpuni dengan dibantu oleh komputer. Keterampilan visual yang bagus akan menghasilkan desain yang bagus pula. Keterampilan tersebut meliputi tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar dan tata letak.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang harus Ini’s People kuasai untuk memulai menjadi seorang desainer grafis.

#1. CorelDRAW

Untuk memulai karier sebagai desainer grafis, bisa dimulai dari mempelajari dan menguasai aplikasi ini. Ya, CorelDRAW, aplikasi editor grafik berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation ini dirilis pertama kali pada tahun 1989.

CorelDRAW biasanya digunakan untuk membuat dan mengolah gambar. Aplikasi ini sering digunakan oleh orang-orang yang bergerak di bidang publikasi, percetakan, dan bidang lainnya yang membutuhkan proses visualisasi. Desain-desain yang biasanya dibuat menggunakan aplikasi ini ialah logo, brosur dan undangan, sampul buku, bahkan sampai ke ilustrasi.

#2. Adobe Photoshop

Aplikasi yang lebih sering disebut Photoshop ini merupakan perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Seperti yang dilansir oleh tirto.id, sejak dirilis tahun 1990 lalu, ada 12 juta pengguna Photoshop di seluruh dunia.

Kehadiran Photoshop sangat membantu manusia dalam perindustrian fotografi. Karya yang biasanya hanya bisa dihasilkan oleh fotografer professional dengan memakan waktu yang cukup lama, kini dapat diproduksi oleh seorang amatir sekalipun. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi seorang desainer grafis, sebab, foto atau gambar yang bagus akan mempengaruhi kualitas desain yang dihasilkan.

#3. Adobe InDesign

Aplikasi yang juga diproduksi oleh Adobe Systems ini merupakan perangkat lunak yang sama seperti Corel, yaitu bisa digunakan untuk membuat poster, brosur dan lain-lain. Bedanya, InDesign bisa digunakan untuk membuat majalah ataupun buku. Banyak perusahaan percetakan bahkan media massa mainstream yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat produknya.

Yups, bagi Ini’s People yang berencana menjadi desainer grafis yang andal, Ini’s People wajib mempelajari 3 aplikasi editing diatas sebagai wadah penunjang skill Ini’s People dalam bekerja di industri kreatif kedepan. Semangat mencoba!

1+

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

More in Featured