chatingan dengan dosen
chatingan dengan dosen

Menjadi mahasiswa adalah impian banyak orang saat ini, namun dalam parakteknya kehidupan mahasiswa tidak seindah kisah-kasih di SMA. Saat siswa-siswi bisa saling akur bertegur sapa dan bercanda-ria dengan para guru. Di bangku perkuliahan jarang terjadi hal yang demikian. Justru yang sering terjadi adalah rasa tegang rasa antar mahasiswa dan dosen. Malah enggak jarang banyak mahasiswa yang malas berurusan dengan dosen. Tapi  apo nak di kate, semakin naik semester kebutuhan komunikasi dengan dosen semakin diperlukan untuk menyelesaikan berbagai tugas perkuliahan seperti tugas akhir/skripsi/thesis.

Nah! jika kamu seorang mahasiswa, pasti kamu pernah merasa takut atau was-was ketika harus chatingan dengan dosen. Karena kamu mungkin pernah mengalami nasib tragis seperti pesan singkat yang diabaikan atau malah kena marah habis-habisan. Bahkan sampai harus diskusi dahulu dengan teman sebelum mengirim balasan pesan singkat ke dosen. Bukan karena dosen itu kejam layaknya monster yang susah di hubungi ya, tapi karena kita harus mengerti sopan-santun kepada orang yang lebih tua. Berikut cara chating-an dengan dosen yang baik dan benar agar pesan kamu tidak diabaikan atau kena marah habis-habisan.

Ucapkan Salam

World Hello Day: Saling Menyapa Demi Perdamaian Dunia

Cara chating-an dengan dosen yang baik dan benar yang pertama adalah mengucapkan salam. Sebelum mengawali tujuan kamu, sebaiknya ucapkan salam terlebih dahulu. Mulai dari Assalamualaikum, selamat pagi/siang/sore Bapak/Ibu.

Permohonan Maaf

4 Dampak Buruk Terlalu Banyak Meminta Maaf, Bisa Jatuhkan Diri Sendiri loh

Cara chating-an dengan dosen yang baik dan benar yang kedua adalah mengucapkan permohonan maaf. Ada yang bilang dosen selalu benar, jadi sebagai mahasiswa kita juga harus selalu meminta maaf bahkan jika menganggu sedikit waktu Bapak/Ibu dosen. Jadi setelah salam, ucapkanlah permohonan maaf karena telah mengganggu waktunya. Contohnya seperti ini: Mohon maaf Bapak/Ibu mengganggu waktunya (jangan lupa pakai emot ajaib ya).

Perkenalkan Diri

Perkenalan Diri yang Akan Meninggalkan Kesan Baik Kepada Pewawancara |  Japanese-Jobs.com

Kemudian cara chating-an dengan dosen yang baik dan benar adalah memperkenalkan diri. Setelah permohonan maaf selanjutnya adalah memperkenalkan diri mulai dari nama, nim, jurusan, stambuk hingga fakultas kamu. Contohnya : Perkenalkan Bapak/Ibu saya Hanindya Pratiwi (109827634) jurusan Sastra Jepang Fakultas Berbahasa stambuk 2010.

Maksud dan Tujuan

Keempat, cara chating-an dengan dosen yang baik dan benar adalah menyampaikan maksud dan tujuan. Hal ini adalah poin yang paling penting dalam pesan yang akan disampaikan ke dosen, jangan sampai salah dalam pengetikan. Pastika juga kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, tidak menimbulkan maksud ganda, jelas, singkat tepat dan padat. Contohnya jika kamu membutuhkan tanda tangan skripsi maka kamu bisa mengetik seperti ini: Adapun maksud dan tujuan saya menghubungi Bapak/Ibu adalah untuk (masukkan tujuan kamu) meminta kesediaan Bapak/Ibu menandatangi skripsi saya yang minggu lalu sudah direvisi.

Penutup

Penutup Presentasi: Kesalahan Yang Sering Terjadi

Terakhir cara chatingan dengan dosen yang baik dan benar adalah menyampaikan penutup. Setelah selesai menyampaikan maksud dan tujuan kamu, selanjutnya adalah memberi kata  penutup dengan ucapan terima kasih serta harapan-harapan kamu (point harapan ini opsional ya). Nah contohnya seperti ini: Saya ucapkan terima kasih banyak Bapak/Ibu, semoga Bapak/Ibu sehat selalu. Poin harapan bisa kamu ganti sesuai dengan kebutuhan kamu seperti : mohon bimbingannya Bapak/Ibu dan mohon arahannya Bapak/Ibu.

Baca Juga : Kisah Keledai Buridan : Dianatara Dua Pilihan

Jika dirangkai maka hasil pesan singkatnya akan menjadi seperti ini :

“Assalamualaikum, selamat pagi Bapak Hendro. Perkenalkan Pak saya Hanindya Pratiwi (109827634) jurusan Sastra Jepang Fakultas Berbahasa stambuk 2010 dan merupakan salah satu anak bimbingan Bapak. Adapun maksud dan tujuan saya menghubungi Bapak adalah untuk meminta kesediaan bapak menandatangi skripsi saya yang minggu lalu sudah di revisi. Saya ucapkan terima kasih banyak Pak, semoga bapak sehat selalu.”

Jika tujuan kamu adalah meminta tandatangan online maka kamu bisa langsung mengirim file yang membutuhkan tandatangan dosen tersebut, akan tetapi jika harus melakukan tanda tangan secara offline maka harus meminta ijin waktu dan tempat dimana bisa menemui dosen yang bersangkutan.

Terakhir, jangan lupa untuk mengirim pesan di waktu yang tepat yaitu selama jam kerja dan bukan diwaktu istirahat. Gunakan juga bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak menggunakan singkatan dan yang paling penting gunakan emot ajaib.

Gimana mudahkan untuk menghubungi dosen? Sekarang kamu sudah enggak perlu nungguin teman kamu untuk diskusi agar bisa menghubungi dosen ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here