More

    10 Makanan Paling Mahal di Dunia, No 3 dari Indonesia!

    Pada dasarnya makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang perlu dikonsumsi setiap hari. Harga makanan yang beredar pun beragam mulai dari yang murah hingga mahal menyesuaikan kebutuhan, budaya, dan kebiasaan. Namun, bagi pencinta kuliner mereka rela membayar mahal untuk merasakan makanan lezat dengan kualitas tinggi, unik, maupun berkhasiat baik bagi kesehatan. Terdapat makanan mahal di dunia yang bisa kamu ketahui. Tidak hanya lezat, makanan mahal ini juga memiliki bahan berkualitas dan cukup sulit dalam pegolahannya.

    Berikut 10 Makanan Paling Mahal di dunia:

    1. Foie Gras

     

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Foie gras merupakan hati bebek atau angsa, yang telah digemukkan sehingga menghasilkan rasa gurih yang kuat dan sangat berlemak. Meskipun sering disajikan di restoran mahal, banyak orang yang mengecam makanan mewah ini, karena untuk mendapatkan hati yang dilakukan penyikasaan hewan dengan pemberian pakan secara paksa.

    Hingga saat ini, foie gras dapat ditemukan di negara-negara tertentu di seluruh dunia, dengan perkiraan harga per pon 90 – 110 USD.

    1. Fugu

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Selain dinobatkan sebagai makanan mahal, Fugu merupakan hidangan ikan paling berbahaya di dunia. Penyiapan makanan secara tidak benar benar bisa mematikan bagi siapa pun yang memakannya. Oleh karena itu, persiapan hidangan Fugu dikontrol secara ketat oleh hukum Jepang. Hanya koki dengan pelatihan intensif selama tiga tahun atau lebih yang diizinkan untuk menyiapkan hidangannya.

    1. Wagyu

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Wagyu atau sapi Jepang, sering dianggap sebagai potongan steak terbaik. Wagyu mengandung kadar lemak yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya, sehingga lebih nikmat. Ada beberapa jenis wagyu, termasuk Kobe, Ohmi, dan Bungo, semuanya hadir dengan harga yang bervariasi.

    Daging sapi wagyu harganya sekitar US$200 per pon. Untuk menghasilkan makanan mahal ini diperlukan proses pemeliharaan sapi yang membutuhkan biaya besar. Craftsteak Wagyu Rib Eye Steak menjadi salah satu olahan wagyu yang harganya fantastis. Makanan ini dibandrol dengan harga US$ 2.800 atau setara dengan Rp40 juta.

    1. Biji Vanila

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Merupakan rasa makanan yang sangat digemari banyak orang, ternyata vanilla yang kita nikmati selama ini bukan berasal dari tumbuhan asli, melainkan ekstraknya. Biji vanilla termasuk mahal karena sulit untuk dikembangkan di wilayah Madagascar. Badai yang sering terjadi di Madagascar selama bertahun-tahun, menyebabkan kerusakan pada tanaman biji vanilla. Kelangkaan biji vanilla ini lah yang menjadikannya makanan mahal. Saat ini, harganya sekitar US$300 per pon.

    1. Keju Moose

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Moose merupakan hewan sejenis rusa namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Susu dari hewan tersebut kemudian dijadikan keju. Keju jenis ini hanya diproduksi di satu tempat yakni peternakan Moose House di Swedia. Ada sekitar tiga jenis keju Moose: rind, feta, dan blue cheese, yang diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Keju Moose dibanderol harga 1.000 euro atau sekitar Rp16 juta.

    1. Truffle Putih

    makanan mahal
    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Berasal dari wilayah Piedmont di Italia Utara, truffle putih lebih sulit ditemukan dibandingkan yang lain, karena hanya tumbuh di antara akar jenis pohon tertentu. Jamur ini bisa ditemukan pada musim dingin dan musim gugur. Terkenal dengan rasa yang kuat dan aroma yang khas.

    Harga makanan mahal ini tergantung pada kondisi di mana mereka tumbuh, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperolehnya, dan jumlahnya yang beredar. Truffle putih bisa dibanderol sekitar Rp31 juta per 450 gram, bahkan pernah terjual hingga sekitar Rp1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia.

    1. Saffron

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Sering dinikmati sebagai hidangan teh, Saffron merupakan rempah-rempah yang begitu mahal. Safron berasal dari bunga Crocus, yang dapat dipetik hanya beberapa minggu dalam setahun di musim gugur. Memanen saffron juga cukup sulit. Punya segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Satu kilogram saffron berkualitas tinggi mencapai harga sekitar 3.500 – 160.00 USD.

    1. Ayam Cemani

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Memiliki keunikan dibanding jenis ayam pada umumnya, ayam hitam asal Indonesia ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di Amerika ayam cemani dijual dengan mencapai harga sekitar 2.500 USD, tergantung ukurannya. Meski masih dipertanyakan soal penyembukan berbagai penyakitnya, makanan mahal ini kaya akan vitamin dan mineral, serta kandungan hemoglobin.

    1. Tuna Sirip Biru

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tuna sirip biru dari Jepang termasuk salah satu makanan mahal di dunia untuk kategori makanan laut. Berbeda dengan tuna kalengan yang sering ada di pasaran, hanya ada satu jenis tuna bertubuh besar dan mencapai berat ratusan kilogram di dunia, yaitu tuna bluefin atau sirip biru.  Harganya mahal karena memiliki kandungan lemak yang tinggi dan rasa yang seimbang.

    1. Caviar

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Makanan yang sangat sering muncul di video Sisca Kohl dan memang sudah terkenal sebagai makanan mahal. Caviar merupakan telur dari ikan sturgeon, makanan ini sering dihidangkan di restoran mewah. Ada dua jenis caviar termahal di antara jenis-jenis caviar lainnya, yaitu Caviar Albino dan Almas Caviar

    Pada dasarnya Caviar memang sudah mahal, bayangkan jika ini caviar dari ikan sturgeon albino yang sangat langka. Siapa sangka, harga kaviar jenis ini sangat tinggi. Caviar Albino ini dibandrol dengan harga 8.500 euro atau sekitar Rp 138 juta per 1 kg.

    Caviar Almas berasal dari Iran dan masuk dalam jenis yang langka. Harganya semakin mahal dikarenakan selain tidak dijual di sembarang tempat, caviar ini ditempatkan di dalam kaleng terbuat dari emas 24 karat. Harga yang dibandrol US$ 25 ribu atau setara dengan Rp358,6 juta per kg.

    Itulah daftar makanan paling mahal di dunia, yang ada juga berasal dari Indonesia. Tertarik mencoba?

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles