More

    10 Istilah Kampus Buat Kamu Si Mahasiswa Baru

    Setiap Universitas akan menyambut kehadiran mahasiswa baru setiap tahunnya. Dunia perkuliahan pastinya memiliki perbedaan dari saat masih duduk di bangku sekolah. Salah satunya adalah istilah-istilah teknis masa perkuliahan yang mungkin gak ditemuin di bangku sekolah.

    Istilah Kampus Buat Mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Untuk membantu kalian para mahasiswa baru berikut 10 Istilah Kampus Buat Kamu Si Mahasiswa Baru agar tidak bingung lagi saat dimulai perkuliahan.

    1. SKS

    “Satuan Kredit Semester” merupakan beban studi atau bobot nilai pada setiap mata kuliah. Beban studi pada setiap mata kuliah memiliki nilai yang berlainan seperti 2, 3, atau 4 SKS. Pada umumnya, jumlah maksimal SKS yang boleh diambil setiap semesternya adalah 24 SKS. Para mahasiswa ambis biasanya tidak akan melewati kesempatan itu agar lulus lebih cepat dibandingkan mahasiswa pada umumnya tapi jangan lupa butuh effort lebih untuk menjalaninya. Sobat lomba tim mahasiswa ambis atau mahasiswa pada umumnya nih?

    2. KRS

    “Kartu Rencana Studi” ini berisi daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil untuk semester mendatang. KRS diisi oleh mahasiswa setiap awal semester sebelum perkuliahan dimulai.

    3. KHS

    Jika sebelum perkuliahan mahasiswa mengisi KRS maka diakhir perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan “Kartu Hasil Studi”. Kartu ini memuat hasil studi mahasiswa selama satu semester dalam bentuk huruf mutu atau indeks prestasi.

    4. KTM

    “Kartu Tanda Mahasiswa” benda wajib yang dimiliki mahasiswa sebagai bukti identitasnya. Konsepnya mirip Kartu Siswa yang sobat lomba dapat di SMA. Kartu ini biasanya dibutuhkan saat kamu ingin memakai fasilitas kampus, misalnya dalam peminjaman buku di perpustakaan.

    5. IP

    “Indeks Prestasi” merupakan nilai selama perkuliahan yang didapat di akhir semester. Rentang IP di Indonesia dari yang paling rendah sampai paling tinggi adalah 0 (nol) hingga 4 (empat). Jadi sobat lomba tidak perlu khawatir saat mendapat IP yang diawali dengan angka 3.

    6. IPK

    Singkatan dari “Indeks Prestatif Kumulatif” ini merupakan nilai keseluruhan dari beban studi yang dihitung berdasarkan rata-rata IP yang didapat mahasiswa setiap semester. IPK akan dipakai untuk menunjukkan nilai mahasiswa setelah lulus. Nah, sobat lomba harus konsisten kuliah ya agar IPK tetap stabil.

    7. Cum laud

    “Cum laud” adalah gelar yang mahasiswa dapat jika lulus dengan IPK yang cukup tinggi atau diatas 3,50. Gelar ini menandakan kelulusan dengan kehormatan atau umumnya memiliki nilai lebih dari batas tertentu. Hayo sobat lomba pasti mau dong dapat gelar itu, yuk dijaga IPK nya.

    8. UKT

    “Uang Kuliah Tunggal” yaitu biaya kuliah yang harus ditanggung Mahasiswa selama satu semester berdasarkan kemampuan ekonominya. Jika selama SMA sobat lomba membayar SPP perbulan, pembayaran selama perkuliahan dibayarkan setiap semester.

    9. SP

    Di dunia perkuliahan SP merupakan singkatan dari “Semester Pendek” beberapa universitas menyebutnya dengan Semester Antara. Program ini dilaksanakan pada saat liburan semester genap dengan tujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah, meningkatkan IPK, maupun memperpendek masa studi.

    10. UKM

    “Unit Kegiatan Mahasiswa” merupakan kegiatan ekstrakulikuler di kampus yang memiliki struktur kepengurusan. UKM merupakan wadah menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa.

    Nah, itulah 10 Istilah Kampus Buat Kamu Si Mahasiswa Baru agar tidak bingung lagi saat dimulai perkuliahan. Semangat kuliahnya sobat lomba!

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles